Definisi Bahasa Pemrograman Java

Definisi dan Pengertian Java - Hallo gan, hari ini tepatnya akhir bulan april saya seperti mendapat sebuah semangat kembali menulis sesuatu di blog ini hahaha. Oke, hari ini saya akan share tentang Definisi dan Pengertian Bahasa Pemrograman Java. Tentunya sudah tidak asing dan biasa bagi orang - orang yang berkecimpung di bidang IT. Akan tetapi apa salahnya berbagi ilmu. Oke langsung saja ya gan.

Definisi dan Pengertian

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi berorientasi objek (OOP - Object Oriented Programming) yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems sekitar tahun 1995 dan dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi (multiplatform). Java dapat membuat berbagai jenia aplikasi dekstop, web, mobile dan lainya.

Pada bahasa pemrograman berorientasi objek, status yang bahasa pemrograman yang biasanya disimpan sebagai variabel dan perilaku di implementasikan sebagai method.

Software Yang Digunakan

Software yang dibutuhkan untuk membuat program Java antara lain :
  1. Java Development Kit (Cara Install dan Setting Path Java Development Kit Windows 7 dan 8. Ada link download file JDK.)
  2. Text Editor untuk menuliskan baris kode program misalnya Notepad, Notepad++, Jcreator, Eclipse, Netbeans dan lain sebagainya.

Struktur Program Java

Struktur program java adalah sebagai berikut :

//Komentar program
Deklarasi package dan import (import java.io.*;)
public class NamaKelas {
<pernyataan>
}


Elemen Dan Fungsinya :
  • Komentar
Untuk memberikan suatu keterangan yang akan menjelaskan isi dari program secara singkat. Komentar hanya sebuah tulisan pada program dan tidak akan diproses oleh komputer. Bertindak sebagai dokumentasi.
  • Identifier
Merupakan elemen nama yang dibuat sendiri oleh programmer. Digunakan dalam : tipe data buatan, label, variabel, konstanta, program, unit, field dari record, prosedur dan fungsi.
  • Keywords (Kata kunci)
Kata yang mempunyai makna khusus sebagai kata tercadang. Tidak boleh dipakai untuk nama label, tipe, variabel, konstanta, prosedur & fungsi, field dari record, program & unit.
  • Input dan Output
Input adalah masukkan berupa nilai ke sistem komputer. Output adalah Keluaran berupa nilai pada perangkat output seperti monitor, printer, atau LCD proyektor.
  • Tipe Data
Variabel disimpan pada memori utama tetapi komputer harus mengetahui jenis data yang akan disimpan. Jenis data yang berbeda akan diterjemahkan berbeda oleh sistem komputer.
  • Variabel dan Konstanta
Variabel adalah simbol digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan nilai yang ada dapat berubah-ubah. Konstanta merupakan variabel yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai yang tidak dapat diubah-ubah.
  • Operator
Merupakan simbol-simbol khusus yang digunakan untuk mengoperasikan suatu nilai data (operand). Operator yang digunakan dalam pemrograman adalah assignment, arithmetic operators, relational and equality, Logical, conditional, dan bitwise.


Sekian dulu gan ringkasan tentang Definisi Bahasa Pemrograman Java. Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah atau contact admin ya gan. Semoga bermanfaat :)

Untuk cara install atau setting dan unduh file JDK bisa agan klik Cara Install dan Setting Path Java Development Kit Windows 7 dan 8.

1 Response to "Definisi Bahasa Pemrograman Java"

  1. artikelnya bagus bang bermanfaat terima kasih
    join my site ya http://gomarketingstrategic.blogspot.co.id/
    thanks

    ReplyDelete