Program Java Menentukan Angka Genap dan Ganjil

Program Java Menentukan Angka Genap dan Ganjil – Agan sista, postingan kali ini saya akan share tentang program sederhana mencari angka genap dan ganjil yang termasuk breakdown dari struktur kontrol percabangan. Tentunya sudah pada mengerti akan kegunaan dari struktur kontrol percabangan dari postingan sebelumnya tentang Percabangan Java.

Pada program dibawah saya menggunakan aplikasi NetBeans tetapi agan sista bisa membuatnya dari aplikasi lain yang mendukung untuk menyimpan file ekstensi .java misalnya : Notepad++, Notepad, Sublime dll, asalkan saat menyimpan file nama file disesuaikan dengan nama kelas/class. Pada operasi program mencari angka genap dan ganjil ini user dibutuhkan untuk menginputkan angka yang akan ditentukan termasuk bilangan genap atau ganjil dengan menggunakan struktur kontrol percabagan if else. Berikut script Program Java Menentukan Angka Genap dan Ganjil :

import java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;
import java.io.InputStreamReader;

public class CthIf {
    public static void main(String[] args) throws IOException{
        BufferedReader x=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
       
        String angka1;
        System.out.print("Masukkan angka = ");
        angka1=x.readLine();
       
        int a=Integer.parseInt(angka1);
        if (a%2==0)
            System.out.println(a+" adalah genap");
        else
            System.out.println(a+" adalah ganjil");
    }
   
}

Berikut adalah output dari script diatas :


Apabila agan sista hendak mencoba script diatas, jangan lupa simpan file java sesuai nama kelasnya. Misal kelas diatas adalah CthIf maka simpan file java dengan nama CthIf.java pada komputer agan sista.

Sekian pembahasan tentang program sederhana menentukan bilangan genap dan ganjil apabila terdapat kesalahan atau pertanyaan tentang postingan diatas, silahkan komentar atau kontak admin. Semoga bermanfaat.

2 Responses to "Program Java Menentukan Angka Genap dan Ganjil"